Di Rumah Mendekorasi Pelaminan Pengantin

Untuk dekorasi pelaminan pada pesta pernikahan yang berlokasi dirumah diperlukan adanya konsep pembenahan ornament yang minimalis dan efisien namun tetap indah dan serasi. Sebelum memutuskan konsep, pertama kali merupakan memutuskan titik space ruang untuk pelaminan. Dipandang dari besar kecilnya skala pesta yang akan diadakan, ada 3 opsi penentuan lokasi pelaminan.





Didalam ruang tamu



Seandainya ruang tamu memiliki space 3mx5m sudah cukup untuk membuat sebuah pelaminan minimalis. namun tentunya dengan skala pesta yang kecil. Semakin besar space ruang tamu maka akan semakin dapat mengakomodasi ruang untuk dekorasi pelaminan. Dan tentunya semakin besar skala pesta dapat dibatasi. Space pelaminan di dalam ruang tamu memiliki beberapa keuntungan, diantaranya dapat menginstal AC split dengan mudah dan tidak mengurangi luas area dibawah tenda.



Didepan rumah (Teras/Garasi/ruang terbuka didepan rumah)



Ruang garasi, atau teras yang cukup lebar maupun taman depan rumah, dapat dihasilkan space pelaminan. Tetapi lihatlah kontur lantai dari space yang akan digunakan. Untuk teras yang memiliki lantai lebih tinggi maka tentunya tidak memerlukan panggung pelaminan lagi. Seandainya lantai sama rata dengan jalan maka diperlukan panggung pelaminan. Khusus untuk teras maupun garasi, jika akan menerapkan panggung maka seharusnya memperhatikan tingginya plafon rumah. Jangan sampai plafon rumah tersundul template pelaminan. untuk mendekorasi pelaminan yang menawan pastinya ada kursi pengantin yang tempat daerah duduk pengantin pria maupun wanita.



Di badan jalan depan rumah



Seiring dengan perkembangan perumahan, maka space ruang pesta kadang-kadang perlu menerapkan sebagian atau bahkan seluruh badan jalan didepan rumah. Seandainya memang settingan ruang pesta dibadan jalan maka lihatlah, apakah lebar jalan memiliki kesesuaian dengan panggung pelaminan. Lalu amati juga luas tenda yang akan disewa, karena ruang dibawah tenda otomatis akan berkurang karena terambil oleh space panggung pelaminan













Setelah space pelaminan dibatasi, maka tinggalah memutuskan nuansa pesta, apakah tradisional, modern atau perpaduan modern tradisional. Untuk nuansa tradisional Indonesia, pilihan yang baik merupakan dengan pelaminan gebyok. Pengaplikasian gebyok sebagai latar belakang pelaminan merupakan upaya tetap menampilkan khas budaya Indonesia. Seringkali membuat suasana pesta menjadi lebih tenteram dan sakral. Meski untuk modern dapat menerapkan pelaminan modern atau rustik. Pelaminan teladan ini banyak sekali kreasinya. mulai dari kreasi yang menerapkan bahan kain, sampai daun/bunga plastik.

Baik gebyok maupun modern semuanya dapat dipakai untuk pelaminan dirumah lewat penyesuaian dan kreatifitas dekorator. Untuk kreasi bunga, baik menerapkan bunga hidup maupun bunga plastik, bila ditata dengan sentuhan seni dekorasi maka akan menjadikan pelaminan yang minimalis indah. Ditambah lagi dengan tata pencahayaan yang sinkron dengan ruang pelaminan, maka singgasana pengantin dapat menonjol indah dan nyaman.



Dekorasi pelaminan dalam rumah tetap seharusnya disesuaikan dengan nuansa warna pesta yang diinginkan. Bila nuansa tenda menerapkan warna tertentu, maka warna bunga-bunga juga diharuskan menyesuaikan, agar menonjol harmonis secara keseluruhan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menara Kudus - Tempat Ngabuburit Asik Di Kota Kudus